Senin, 08 Desember 2014

 Latar Belakang Pendirian Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Quran Alikhlas Zamzam Rahmah Tahun Ajaran 2015 - 2016

Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Tidak ada keraguan di dalamnya dan petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Sehingga tidak akan tersesat selama berpegang teguh kepada al kitab ini sebagaimana sabda Rasulullah saw.
“Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan sunnah Rasulullah Saw.” (HR. Muslim)
Barangsiapa yang berpedoman dan mengamalkan isi Al Qur’an maka Allah akan meninggikan derajatnya, tapi barangsiapa yang tidak beriman kepada Al Qur’an maka Allah akan menghinakannya dan merendahkan derajatnya. Sabda Rasulullah Saw.:
“Sesungguhnya Allah, dengan kitab ini (Al Qur’an) meninggikan derajat kaum-kaum dan menjatuhkan derajat kaum yang lain.” (HR. Muslim)
Kitab ini juga sebagai sarana umat muslim untuk berdialog dengan Allah Swt., sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad Saw.:
“Apabila seorang ingin berdialog dengan Robbnya maka hendaklah dia membaca Al Qur’an.” (HR. Ad-Dailami dan Al-Baihaqi)

Untuk bisa membaca dan mempelajari Al-Quran tentunya diperlukan cara atau metode yang baik. Pada saat ini telah banyak metode atau cara membaca, mempelajari dan menghafal Al-qur’an salah satu diantaranya yang pernah digunakan oleh Rasulullah Saw. untuk mengajarkan Al-Quran kepada para sahabat jaman dulu adalah dengan metode talaqqi.
Sekolah sebelumnya adalah RA Alikhlas Zamzam Rahmah dan Madrasah Diniyah yang sudah berjalan 21 tahun mulai meningkatkan dengan membangun sekolah lanjutan MI setingkat SD.
Program Tahfidz Al Qur’an. Berdasarkan sejarah, Madrasah dikenal dengan sekolah agama atau sekolah arab. Maka Pantas jika madrasah lebih fokus pada kajian al quran karena al quran menjadi sumber utama agama Islam. Salah satu bentuk kajian al Quran adalah tahfidz Al Quran (menghapal al Quran).
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al IKHLASH ZAMZAM RAHMAH, yang termasuk wilayah Kemayoran, menyelenggarakan PENERIMAAN PENDAFTARAN SANTRI BARU yang akan disiapkan untuk mampu menghapal 30 Juz dari Alquran. Kegiatan ini merupakan kegiatan  merupakan  dari program tahfidz al quran yang diterapkan di Madrasah. Program tahfidz al Quran dilaksanakan sejak kelas satu Ibtidaiyah. Tujuan akhirnya adalah alumni kelas 6 MI Al Husna mampu menghapal 30 juz secara total.
Puncak dari penghargaan terhadap peserta didik yang hafal juz ‘Amma adalah wisuda penghapal Juz ‘Amma. Acara wisuda tersebut diletakan diutamakan sebelum acara pelepasan dan acara kenaikan kelas. Menurut kepala MI Al Husna, tujuan mengutamakan wisuda juz ‘Amma agar menjadi perhatian bagi para guru, orang tua dan peserta didik bahwa tahfiz al Quran merupakan program utama MI AL Husna.
Sekarang ini, Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta yang diwakili oleh Bidang Penddikan Madrasah sedang menggodok Program Tahfidz al Quran menjadi kurikulum khas Kementerian agama DKI Jakarta. Targetnyaa tahun pelajaran baru, Kurikulum tahfidz al Quran bisa dilaksanakan di semua madrasah di lingkungan kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

Sangat banyak hadits tentang keutamaan bagi para penghapal al Quran dan juga para pengkaji al Qur’an. Hadits yang sangat popular adalah “ sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari al Qur’an dan mengajarkannya”. Efek penghapal al Qur’an tidak terbatas pada dirinya, tapi berimbas juga kepada kedua orang tuanya.
Program ini menjadi sangat istimewa bagi semua madrasah yang belum melaksanakan program tahfidz al quran secara “serius”. Tapi bagi MI Al ikhlash Zamzam Rahmah ini menjadi penguatan program yang selama ini dilaksanakan. Sekaligus mendorong MI AL Husna untuk mencapai target bahwa seluruh alumninya mampu menguasai Alquran
Semoga, keberkahan al Quran menghatarkan kehidupan orang-orang yang berada di lingkungannya menjadi lebih mulia. Amin.
SEGERA DAFTARKAN PUTRA PUTRI ANDA TERBATAS 25 SANTRIWAN DAN 25 SANTRIWATI.
Sekertariat : MI Alikhlash Zamzam Rahmah
Jl Mutiara Raya NO 22 Kav 978 Sumur Batu Kemayoran Jak pus 021 42878500 sms 081808924426

Tidak ada komentar:

Posting Komentar