Kamis, 25 Februari 2016

BELAJAR TEORI MEMBACA

Teori Membaca Awal, Bagaimana?

Ada banyak teori yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran membaca, namun secara umum ada tiga pangkal utama dalam pembelajaran membaca, baik untuk anak-anak yang baru mengenal huruf dan kata, ataupun dewasa yang sedang mempelajari bahasa asing.
Berikut ini adalah beberapa teori membaca yang umum digunakan dalam praktik membaca. Setidaknya ulasan sderhana ini bisa mengawali pemahaman kita tentang teori membaca awal. Diantaranya adalah sebagai berikut.
teori membaca awal

Teori Membaca Button-Up (Button-Up Theory).

Menurut teori ini membaca dimulai dengan cara mengenal huruf dari sebuah kata, menganalkan kata dari sebuah kalimat lalu mengenalkan kalimat dari sebuah teks bacaan. salah satu model pendekatan membaca yang menggunakan teori ini adalah model Gough.

Teori Membaca Top Down (Top Down Theory).

Untuk mampu membaca menurut teori ini seseorang harus memiliki pengetahuan terlebih dahulu mengenai hal yang akan dibaca, jika tidak maka ia tidak bisa membaca suatu teks atau tulisan. untuk memahami suatu tulisan atau teks maka ada seorang pembaca harus mampu menguasai semantik, sintaktik dan graphophonik.

Teori Membaca Interkatif atau Transaktif.

Membaca sebetulnya suatu proses sosial dimana ada sebuah interaksi antara si pembaca (reader) dengan isi tulisan yang ada pada sebuah teks atau buku. oleh sebab itu sebetulnya secara tidak langsung ada sebuah interaksi antara sipembaca dengan si penulis atau si pengarang sebuah buku.
Demikian sedikit referensi mengenai teori membaca awal. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan awal untuk pembelajaran bahasa, karena teori membaca sangatlah luas dan perlu dilakukan banyak riset referensi untuk dapat memahaminya dengan benar.

Author: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar